Translate

Minggu, 27 April 2014

Nosi Song lalala~


Hi guys. I'm back with nosi song.  Ada yang tau nosi song? #enggak,dannggakmautau. Oke, aku jelasin. Nosi song ini bukan sebangsa gwiyomi song yang sempet ngetren beberapa waktu lalu dan membuatku semakin jatuh cinta sama babymaknaenya EXO karena keimutannya yang overload waktu meragain lagu ini. *lupakan.

Sebenernya nosi song itu salah satu cara belajar yang aku terapkan akhir-akhir ini. Jadi intinya di postingan ini aku bakal bagi tips ke kalian.

Kenapa namanya nosi song? Nosi itu kependekan dari farmakognosi, salah satu pelajaran di sekolah. Dan song sendiri memang metodenya dilakukan dengan cara bernyanyi.

Sedikit tentang farmakognosi, di pelajaran ini kalian akan banyak belajar tentang tanaman yang bisa digunakan menjadi obat. Mulai dari nama simplisia, nama latin tanaman, keluarga, zat berkhasiat, danlainlain. Dan setiap kali ujian, kalian harus hafal semuanya.  Di sini kalian juga akan menemukan banyak kata yang bisa bikin lidah kesleo, maklum bahasa latin.

Nah, karena aku nggak tau bagaimana cara memahami pelajaran ini, dan ujung-ujungnya selalu menuntut hafalan, so kenapa nggak aku buat pelajaran ini menjadi seasyik waktu aku nyanyi lagu korea?

Ini bukan metode belajar baru sih, cuman aku aja yang iseng nerapin cara belajar ini. Semua simplisia yang harus aku hafalin di pelajaran ini aku bikin lagu. Lagu-lagu korea yang biasanya aku nyayiin, aku ganti liriknya.

Berbekal suara yang amat sangat paspasan dan ngepas-pasin melodi lagu dengan lirik yang ada, aku ngerekam suara jadi-jadianku nyanyiin nosisong. Jadi aku hafalannya sambil nyanyi. Setiap simplisia aku pake lagu yang beda. Asyik deehh! Jadi nggak berasa kalo lagi belajar, hihi.

Tapi metode ini juga ada kelemahannya loh. Aku sempet kelabakan waktu di tes lisan, karena tegang jadi agak lupa sama nadanya. So, metode ini cocoknya buat ujian tulis yang tenang, menurutku. Biar bisa mikir waktu kita ngafalin simplisia ini pake lagu yang mana. Dan satu lagi, kalau kalian lupa lirik awalnya juga agak susah, jadi nyanyinya harus dari depan.

Aku udah terapin metode ini di beberapa ujian dan hasilnya lumayan, bisa dikategorikan berhasil ;)

Jja, segitu dulu postingan aku kali ini. Hopefully, informasi ini bermanfaat bagi kalian. Byee~

XOXO,  Chee

0 komentar:

Posting Komentar

 
C's Blogger Template by Ipietoon Blogger Template